by

Sempat Dihentikan Polisi, Pemira PPMI Mesir 2021 Berjalan Normal

Informatikamesir.net, Kairo- Pemilihan Umum Raya (Pemira) PPMI Mesir 2021 telah usai dilaksanakan pada Sabtu (01/05/2021) kemarin. Kendati pemilihan di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS); TPS 6 Darrasah sempat dihentikan beberapa saat oleh polisi, namun pemilihan tetap bisa berjalan normal kembali.

Ketua Panitia Pemilu Raya (PPR) 2021 Ilham Fajri mengatakan bahwa itu adalah kesalahan komunikasi. Pihak PPR sendiri sebelumnya sudah meminta izin kepada National Security (NS) Mesir dalam bentuk surat resmi bertanda tangan. Namun, dikarenakan antrian panjang pemilih di TPS 6 membuat orang Mesir jengkel, terlebih sore itu juga banyak antrian maidaturahman.

“Secara hukum kita sudah izin. Cuma mungkin kurang rapi saja akhirnya pemilik gedung nelpon polisi, saat polisi datang kita kasih surat dan akhirnya TPSnya berjalan Kembali,” ujarnya saat diwawancarai oleh Kru Informatika melalui WhatsApp.

Terkait Pemira PPMI 2021, Ilham menuturkan bahwa Pemira tahun ini istimewa. Hal tersebut ia ungkapkan karena PEMIRA diadakan pada bulan Ramadan. Selain khusyuk beribadah, panitia juga dituntut untuk berkhidmat. Dari segi sistempun juga banyak yang diperbaharui seperti debat kandidat yang dirancang agar bisa lebih dekat dengan Masisir, merangkul dan komunikatif.

“Banyak hal baru yang kita panitia temui. Menjaga TPS saat puasa, siang-siang, panas pula. Itu semua insyaAllah berkah,” ucapnya.

Ia juga menuturkan adanya kendala teknis yang disebabkan oleh sinyal. Hal ini mengakibatkan sinkronisasi data dengan daftar hadir sedikit terhambat. Hal ini juga diamini oleh Fahmi Alim Mubarak selaku Koordinator TPS 6 Darrasah.

“Kendala setiap TPS pasti ada. Kalau tadi itu ada kendala sistem yang bisa langsung diselesaikan. Kode QR untuk DPT tidak muncul, namun bisa diselesaikan langsung dengan kita menghubungi admin yang ada di wisma,” ujarnya saat diwawancarai pada Sabtu (01/05/2021) kemarin.

Dalam sambutannya saat perhitungan suara, Azrial sebagai perwakilan Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) PPMI Mesir mengapresiasi panitai PPR tahun ini.  Ia mengatakan bahwa di Pemira tahun ini ada dua paslon yang diusung dimana tahun sebelumnya hanya ada satu paslon. Ia juga menambahkan bahwa kedua paslon adalah bibit unggul yang dimiliki Masisir.

“Bukan hanya presiden terpilih saja yang mempunyai tanggung jawab akan PPMI Mesir. Selagi kita masih menjadi warga PPMI Mesir, maka kita mempunyai tanggung jawab di dalamnya,” ujarnya saat memberi sambutan pada malam perhitungan suara.

Pemira PPMI 2021 sendiri berhasil dimenangkan oleh Pasangan Nomor Urut 01 Ahsan Ulil Albab dan Kevin Damara  (AnDa) dengan perolehan suara sebanyak 1658 orang.

Reporter: Fikran Aulia Afsya

Editor: Muhammad Adisurya Pahlawan

Comment

Berita Lainnya