by

Jalin Diplomasi antar Wafidin, Wapres PPMI Mesir: Tahun Ini Adalah Silaturahmi Ilmiah

Informatikamesir.net, Kairo — Terkait acara Internasional Students Conference (ISC) yang diadakan oleh PPMI Mesir tahun ini, Rifky Ramdhani selaku Wakil Presiden PPMI Mesir menjelaskan bahwa acara tersebut ditujukan sebagai wadah silaturahmi ilmiah untuk menjalin hubungan diplomasi antar mahasiswa asing (wafidin).

“Tujuannya sama yaitu silaturahmi. Salah satu silaturahmi kita tahun ini bisa dikatakan silaturahmi ilmiah; diskusi, setor tulisan, buat buku,” jelas Rifky kepada Informatika, Kamis, (29/4) lalu, di Wisma Nusantara.

Selain itu menurutnya, hasil lain yang sempat terealisasikan dari diplomasi tersebut di antaranya adalah pameran budaya dan Musabaqah Tilawah Al-Qur’an (MTQ) tingkat internasional.

“ISC ini merupakan bentuk kangkah selanjutnya dari pertemuan yang kita lakukan. Karena sebelumnya kita hanya bertemu mereka dan say hello saja. Hello kami dari PPMI Mesir, kalian dari mana?” ungkapnya

Berdasarkan data dari panitia ISC, diplomasi yang terjalin lebih intens sejak zamannya Presiden PPMI Mesir periode 2017-2018, Pangeran Arsyad Ihsan Nulhaq, Lc. itu akan mereka laksanakan pada Ahad, (25/5) mendatang.

Di sisi lain, Muhammad Fathan Roshih, Ketua Panitia ISC memaparkan, tema yang mereka angkat pada konferensi itu sederhana, tapi dengan orientasi yang kuat, yaitu “Al-Islam fi Anha’ al-Alam (Islam di Seluruh Penjuru Dunia)”.

“Ini adalah wadah untuk kita saling tukar pikiran; pemahaman, bagaimana Islam itu hadir dari setiap penjuru dunia, kemudian bagaimana permasalahan yang hadir hari ini, kemudian bagaimana cara kita bisa melihat peluang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sebagai bentuk khidmah kita li i’lai kalimatillah (red-untuk meninggikan firman Allah Swt.),” jelasnya.

Ia juga berharap dengan diadakannya konferensi tersebut, akan hadir konferensi selanjutnya yang diselenggarakan oleh persatuan negara-negara lain, seperti Malaysia, Turki , Aljazair dan lain-lain; sehingga hal tersebut bisa menjadi agenda berkelanjutan dengan misi mengeratkan kembali persaudaraan mereka sebagai mahasiswa Al-Azhar Kairo.

Reporter: Hanisa Zulistia

Editor: Defri Cahyo Husain

Comment

Berita Lainnya