fbpx

Maraknya Tindak Asusila di Lingkungan Pelajar dan Mahasiswa, Kedua Capres-Cawapres PPMI Mesir Tawarkan Solusi Adakan Muhammadiyah Day 2022, PCI Muhamadiyah Mesir Undang Seluruh Afiliatif dan Simpatisan Turut Sukseskan Agenda SIC, Kepala Sekolah: Masisir Sangat Membantu Juarai Lomba Catur Indonesian Games, Langguly: Saya Pede Survei Kepuasan Masisir Terhadap100 Hari Kinerja Ahsan-Kevin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden PPMI Mesir 2021-2022

Aktualita · 21 Jul 2022 20:06 WIB ·

Masisir Tak Ahli di Jurusan Kampus, Merasa Khianati Almamater, Saiful Millah, Lc. Beri Semangat dengan Bahasa Radikal


Dok: panitia Perbesar

Dok: panitia

Informatikamesir.net, Kairo – Ahmad Saiful Millah, Lc. hadir sebagai Aktivis Akademis Mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) sekaligus pemateri pada acara Azhary Berdaya dengan tema pembahasan “Islam dan Profesionalisme”. Ia berpandangan bahwa mahasiswa Universitas Al-Azhar yang tidak terlalu mendalami keahlIan di jurusan kampusnya tidak perlu merasa memiliki sampel almamater, sebagai contoh, memisalkan mahasiswa jurusan namun lebih mendalami ilmu-ilmu keterampilan umum, organisasi.

Dalam hal ini Ia semangat Masisir dengan bahasa yang memberikan semangat yang sedikit radikal, agar tidak merasa berdosa untuk bergelut di bidang yang ia tekuni.

“Tujuan saya ke mesir ini (belajar agama), tapi sampai ke mesir beginilah. Ada pertanyaan seperti ini: kira-kira ini berkhianat gak dengan Almamater saya yang basic -nya (red: pada dasarnya) agama? jawabannya nggak ,”

Ia menegaskan untuk memahami konteks Islam dan Profesionalisme sebagai konsep dasar dan dalam mengimplementasikan nilai yang ada, agar tidak menimbulkan rasa berdosa atau merasa ragu ketika ingin masuk ke industri lain–selain industri pendidikan. Nilai-nilai tersebut pada dasarnya terakomodir oleh Islam dan tidak bisa ditolak Islam memerlukan orang-orang yang memahami teori atau hukum-hukum Islam.

Oleh karenanya, dalam acara yang bertempat di Wisma Nusantara itu Ia menyebutkan bahwa Masisir yang mendalami dunIa bisnis tidak perlu merasa berdosa, bahkan Syaikhul Azhar mengatakan ijtihad fard tidak bisa lagi di zaman sekarang. Namun, lazim dengan ijtihad jama’i seperti mengambil fatwa tentang bunga bank, para ulama menghadirkan ahli di bidang perbankan misal apa yang terjadi di dalam sana sehingga melahirkan fatwa bahwa bunga bank tidak termasuk riba.

“Bahkan mungkin bisa dikatakan banyaknya Masisir, walaupun banyak yang ke Mesir (untuk) belajar agama tapi tidak mendalami takhasusnya jurusannya tafsir justru dan dIa malah mendalami dan mengembangkan passion-nya di Mesir. Karena di Mesir ini uniknya, kita punya wadah yang banyak misalnya Ia yang senangnya menulis akhirnya gabung dengan komunitas kepenulisan atau mungkin dengan komunitas desain kemudIan Ia gabung dengan komunitas desain dan sebagainya” tambahnya, Rabu (20/7).

Tidak hanya itu, dalam workshop tersebut Ia juga mengungkapkan bahwa Islam dalam ekonomi sosIal tidak hanya memenuhi kebutuhan jasad tapi juga kebutuhan ruh berbeda dengan (Pengetahuan) Barat yang hanya mementingkan materi.

Ia berpandangan bahwa Islam, selain memotivasi untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya juga memotivasi untuk mengeluarkan (harta) sebanyak-banyaknya baik shadaqah, zakat, infak dan lain sebagainya.

Reporter: Azmi Putra Gayo

Editor: Hanisa ZulistIa

Artikel ini telah dibaca 155 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Miftah Wibowo: Kairo 1925 Menjadi Kota Terbersih di Dunia, Sekarang Menjadi Kota yang Tak Terbayangkan

21 July 2022 - 21:32 WIB

WhatsApp Image 2022 07 22 at 04.18.59 85x85 - Miftah Wibowo: Kairo 1925 Menjadi Kota Terbersih di Dunia, Sekarang Menjadi Kota yang Tak Terbayangkan

Wakil Komandan DKKM PPMI Mesir Pertanyakan Keamanan Solusi Radikal Saiful Millah

18 July 2022 - 17:12 WIB

Wakil Komandan DKKM dalam acara SDC. (Sumber: Dok. Panitia)

Pandang Tinggal di Darrasah secara Akademik Sudah Tak Relevan, Saiful Millah Hadirkan Solusi Radikal

18 July 2022 - 15:58 WIB

Saiful Millah, Lc., Aktivis Akademis Masisir. (Dok. Panitia SDC)

Adakan Gala Premiere Film “4+1”, Dubes Lutfi Rauf: Tidak Ada Satupun yang Pernah Ikut IKJ

15 May 2022 - 17:46 WIB

WhatsApp Image 2022 05 15 at 16.57.49 85x85 - Adakan Gala Premiere Film "4+1", Dubes Lutfi Rauf: Tidak Ada Satupun yang Pernah Ikut IKJ

Hadiri Halal Bihalal Intelektual, Dubes RI untuk Tunisia Singgung Isu Al-Azhar Hanya Majelis Taklim

6 May 2022 - 03:32 WIB

Zuhairi Misrawi dalam acara Halal Bihalal dan Peluncuran Kopiah.co. (Sumber: Dokumentasi Informatika/Usamah)

Produksi Film Pendek Seharga EGP 15 Ribu, Lebih Besar dari KPJ, Menko IV PPMI Mesir: Tidak Perlu Jadi Perbandingan

3 May 2022 - 04:35 WIB

Proses pengambilan Film Pendek "4+1" PPMI Mesir. (Sumber: Dok. Tim Produksi Film Pendek "4+1")
Trending di Analisis Ringan