by

Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Informatikamesir.net, Kairo — Dihimpun dari lampiran kebendaharaan PPMI Mesir 2019/2020, berikut ini adalah laporan keuangan PPMI Mesir selama satu periode:

Neraca Keuangan Global:

Screenshot 2015 01 05 00 30 33 1 - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Rincian Pemasukan Keuangan:

Rincian Pemasukan - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Keuangan Bulanan:

Keuangan Bulanan - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Sumber Dana Kepanitiaan dan Non Kepanitiaan:

Sumber Dana Kepanitiaan 1 - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020
Sumber Dana Non Kepanitiaan - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Laporan Global Kepanitiaan dan Non Kepanitiaan:

Laporan Global Kepanitiaan - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020
Laporan Global Non Kepanitiaan - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Laporan Global Badan Usaha Milik Organisasi (BUMO):

Laporan Global BUMO - Masisir Wajib Baca! Laporan Keuangan PPMI Mesir Masa Bakti 2019/2020

Berikut ini adalah tautan yang berisi lampiran lengkap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) PPMI Mesir 2019/2020. Silahkan Download:

Di Sini: LPJ PPMI Mesir 2019/2020

Menanggapi jumlah nominal sirkulasi keuangan yang berputar di tubuh PPMI Mesir ini, Muhammad Rayhan selaku salah satu anggota Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) PPMI Mesir mengakui bahwasanya jumlah sirkulasi keuangan yang sedemikian rupa seolah-olah telah menjadi tradisi bagi PPMI Mesir.

Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya jumlah anggota yang dibawahi oleh PPMI Mesir yang mana hal tersebut berbanding lurus dengan sumber dana yang sangat melimpah. Dana yang besar itu pun dialokasikan untuk merealisasikan berbagai program yang diagendakan oleh PPMI Mesir yang tentunya menguras banyak anggaran.

Kendati demikian, Rayhan juga mengakui bahwasanya pengawasan terkait alokasi dana PPMI Mesir selama ini masih kurang ketat dan sistematis.     

“Kita sangat memerlukan sistem yang paten untuk dapat lebih mengatur total pengeluaran PPMI Mesir ini agar lebih ketat lagi, karena memang perbedaan PPMI Mesir dengan organisasi lainnya adalah sumber dana yang sangat banyak, sehingga perlu pengawasan yang lebih ketat untuk masalah dana,” ungkap Rayhan.

Demi menanggulangi masalah ini, Rayhan menuturkan bahwasanya MPA dan Badan Perwakilan Anggota (BPA) PPMI Mesir 2019/2020 telah berupaya untuk menginisiasi adanya Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO). GBHO tersebut nantinya akan menentukan dan mengatur secara lebih rinci tiga hal mendasar yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi, di antaranya adalah arah kebijakan organisasi PPMI Mesir, jenis-jenis program yang akan diupayakan dan juga alokasi dana yang terdapat di tubuh PPMI Mesir.  

“GBHO ini sudah dicoba dan diujikan pada termin pertama di Laporan Kerja Semester (LKS), namun kemudian belum disepakati dan memang rencanya akan disepakati ketika sidang LPJ di termin dua, namun akhirnya gagal dimusyawarahkan kembali oleh MPA-BPA dikarenakan munculnya pandemi (Covid-19-red). Pembahasan ini pun tidak akan dapat memunculkan hasil yang maksimal jika dilakukan secara daring,” ujar Rayhan.

“Kami berharap dengan adanya GBHO ini, jika sudah dimatangkan dan disepakati bersama, benar-benar bisa menjadi sebuah batu pijakan untuk PPMI Mesir dalam menentukan arah kebijakan, jenis program, dan juga bisa menjadi solusi dari penanganan alokasi dana PPMI Mesir agar lebih ketat, sistematis dan teratur. Karena memang GBHO ini merupakan hasil olah kepala dari setiap perwakilan lembaga yang ada di bawah MPA-BPA PPMI Mesir,” imbuh Rayhan saat diwawancarai via WhatsApp pada Selasa, (23/6/20).     

Reporter: Muhammad Nur Taufiq al-Hakim

Editor: Zaenal Mustofa

Comment

Berita Lainnya