by

Kemkes Mesir Sediakan Vaksin Gratis, Dubes RI Mesir Imbau Masisir Mendaftar

Informatikamesir.net, Kairo — Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Mesir, Dr.(H.C) Lutfi Rauf dalam Rapat Koordinasi Daring tentang Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Mesir menginformasikan, Kementerian Kesehatan (Kemkes) Mesir telah menyediakan vaksin gratis bagi warga lokal dan asing di Mesir. Untuk itu, ia mewakili KBRI Kairo mengimbau Mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) agar ikut mendaftar program vaksinasi gratis tersebut.

“Kami (red-Pihak Pemerintah) beri vaksin, tapi harus daftar. Nah, daftar ini yang saya rasa adalah tanggung jawab masing-masing,” ujar pria asal Sulawesi Selatan itu dalam rapat yang diadakan oleh KBRI Kairo, Rabu (19/5) kemarin, via Zoom.

Di sisi lain, dalam rapat tersebut, John Admiral selaku Wakil Komandan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 KBRI Kairo menjelaskan, jenis vaksin yang saat ini Pemerintah Mesir gunakan adalah AstraZeneca dan Sinopharm. Mereka juga akan memproduksi Vaksin Sinovac bekerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Vaksin Sputnik V bekerja sama dengan Rusia.

Hingga saat ini, menurut data yang John kemukakan, jumlah warga yang telah divaksin mencapai angka 1,3 juta orang dan yang telah mendaftar sebanyak kurang lebih 2,4 juta orang.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menjelaskan tata cara mengikuti Program Vaksinasi Gratis tersebut. Pertama melakukan registrasi online mandiri melalui link https://www.egcovac.mohp.gov.eg/#/homeRe, kemudian isi setiap kolom yang tersedia. Setelah itu pilih tempat vaksin terdekat, lalu submit foto copy paspor di akhir pengisian. Proses registrasi selesai setelah pemohon mendapatkan vaccine request number, dan terakhir menunggu jadwal masing-masing lewat SMS atau cek status permohonan melalui website.

“Vaksinasi yang tersedia di Mesir saat ini dilakukan 2 kali suntikan, jeda waktu antara suntikan pertama dengan kedua tergantung jenis vaksinnya,” ungkapnya dalam screen zoom yang ditayangkan.

Di akhir sesi penyampaiannya, ia mengapresiasi kerja sama yang baik dalam menangani COVID-19 di tahun 2020 lalu dan berharap seluruh elemen di Masisir; PPMI Mesir, WIHDAH PPMI Mesir, Kekeluargaan Nusantara, Afiliasi, Media, dan diasporan lain agar saling bersinergi, membantu, menguatkan satu sama lain, dan menjadi lebih baik lagi di tahun ini.

Reporter: Muhammad Adisurya Pahlawan

Editor: Defri Cahyo Husain

Comment

Berita Lainnya