by

DKKM Buka Perekrutan Secara Umum, Peserta : Wawancaranya Menegangkan

Informatikamesir.net, Kairo –  Salah satu peserta perekrutan anggota baru Dewan Keamanan dan Ketertiban Mahasiswa (DKKM) PPMI Mesir, Admiral Arief Prabowo, mengungkapkan atmosfer proses wawancara yang diadakan DKKM di Wisma Nusantara pada Minggu (26/9) cukup menegangkan.

“Atmosfernya cukup tegang karena kita harus duduk didepan tiga pewawancara. Belum lagi ditambah anggota lain yang ikut menyaksikan saat proses wawancara, dengan jawaban yang harus spontan dan mengandalkan pengalaman pribadi. Tapi para pewawancara dapat meringankan suasana dengan cara mereka mewawancara yang bernada yang santai tapi serius. Jadi yang diwawancara juga tidak terlalu nervous”, ungkap Admiral saat diwawancarai oleh Informatika.

Terkait pelaksanaan perekrutan anggota baru ini, Wakil Ketua DKKM, Muhammad Fikri Mirfaqo, menjelaskan proses rekrutmen tahun ini diadakan melalui tiga jalur. Pertama, jalur undangan dari Presiden & wakil presiden PPMI Mesir, ketua & wakil ketua DKKM, serta para dewan eksekutif DKKM yang berisikan anggota yang telah menjabat sejak periode lalu. Kedua, Jalur undangan untuk 16 kekeluargaan yang akan mengirimkan delegasinya dan yang ketiga dibuka untuk umum.

Ia juga menambahkan, setelah proses pengkajian ulang dengan tim DKKM dan tim konsultatif DKKM, perubahan proses rekrutmen anggota DKKM 2021-2022 berangkat dari masalah fundamental yang ada di internal DKKM khususnya pada fungsi, tugas, dan pola regenerasi dari anggota DKKM itu sendiri.  

Di sisi lain, ia menerangkan ada dua komponen eksternal yang juga mendorong pihaknya untuk merubah dan memperbaiki sistem yang ada pada DKKM, mulai dari luasnya medan yang harus dilihat dan dijaga, serta meningkatnya kepercayaan masisir terhadap DKKM.  

“Saya berharap, estafet di DKKM terus berjalan dan DKKM dapat lebih merangkul dan bersinergi dengan semua pihak dan lembaga”, ujarnya.

Muhammad Fikri Hazami, Penanggung jawab perekrutan anggota baru DKKM, menjelaskan bahwa ada beberapa fase dalam proses perekrutan anggota baru tahun ini. Mulai dari pendaftaran secara online, wawancara, pembekalan dan pelatihan, hingga seleksi dan pengumuman hasil rekrutmen tersebut.

“Sejauh ini, sudah ada 25 nama yang masuk ke kita dari jalur undangan presiden & wakil presiden PPMI dan komponen eksekutif DKKM, serta jalur perekrutan secara umum. Lalu ada 22 orang yang sudah menghadiri wawancara”, pungkasnya.

Reporter : Muhammad Alif Hafidz

Editor : Dandi Azhary Nasution

Comment

Berita Lainnya