by

Berikan Materi di Pembekalan Calon Alumni Al-Azhar PPMI Mesir, Kamal Ihsan: Ingat, Semakin Tinggi Gelar, Semakin Sedikit Peluang Kerjanya

Informatikamesir.net, Kairo—Salah satu pemateri pembekalan calon alumni Al-Azhar Kairo, Kamal Ihsan, Lc., menekankan pentingnya mempertimbangkan tujuan para alumni jika ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Pada agenda yang dilaksanakan via aplikasi Zoom itu, Kamal mengungkapkan jika semakin tinggi gelar seseorang, maka peluang kerjanya juga semakin sedikit. Namun menurutnya, walaupun peluang kerja sedikit, tetapi persaingan untuk mendapatkannya juga semakin terbatas.

“Para alumni sekalian yang mungkin orientasinya untuk mengambil S2 adalah bekerja, maka juga harus mempertimbangkan tempat dan daerah di mana antum nanti akan berkecimpung. Jika jauh dari pusat industri dan perkantoran, maka kemungkinan besar ijazah S2 akan sulit digunakan,” jelasnya dalam pembekalan tersebut, Jumat, (23/10) kemarin.

Kamal juga menambahkan, jika lokasi kampus yang para calon alumni akan tempati nanti itu strategis, maka perlu juga mereka mempertanyakan ke tempat kerja mereka nanti, apakah ijazah mereka itu akan berpengaruh pada kenaikan jabatan mereka.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para calon alumni agar memperhatikan dalam pengambilan jurusan bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana, baik jurusan yang linear maupun tidak. Ia berpendapat, banyak orang yang keliru dalam pengambilan jurusan dan malah menyesal ketika sudah menjalaninya.

Kamal lantas menyarankan kepada calon alumni yang mengikuti pembekalan tersebut, “Jadi untuk mahasiswa yang mengambil studi S2 lintas jurusan, coba pelajari dulu matrikulasi. Biasanya matrikulasi ini wajib diambil oleh mahasiswa yang menempuh studi S2 lintas jurusan. Ada beberapa kampus yang mengenakan biaya tambahan, namun ada beberapa yang tidak.”

Berkenaan dengan pelaksanaan agenda pembekalan hari kedua yang mengangkat tema “Jenjang Pendidikan Dalam dan Luar Negeri” itu, Risqi Khurdianto selaku penanggung jawab agenda tersebut, menjelaskan tujuan spesifik yang diharapkan dari temanya, yaitu agar membuka cakrawala para calon alumni tentang informasi seputar dunia perkuliahan pascasarjana, baik dalam maupun luar negeri.

Terkait para pemateri yang dihadirkan, Risqi juga mengungkapkan pertimbangan yang diambil dalam pemilihan pemateri dengan berbagai latar belakang masing-masing, adalah agar para alumni bisa mendapatkan wawasan lebih dari para pemateri yang sudah menjalani perkuliahan pascasarjana, baik dalam maupun luar negeri.

“Ketika para calon alumni telah menyelesaikan studi S1 dan ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana, tentu akan banyak timbul pertanyaan seperti jurusan apa yang akan diambil, universitas manakah yang paling tepat untuk studi S2, hingga manakah yang lebih baik, melanjutkan studi di dalam atau luar negeri?” jelas Risqi kepada Informatika di hari yang sama dengan acara tersebut.

“Maka kita sediakan wadah bagi para calon alumni dengan agenda ini. Agar mereka mengumpulkan banyak informasi mengenai perkuliahan pascasarjana hingga kekurangan serta kelebihannya. Tentunya untuk menjadi dasar pertimbangan mereka dalam mengambil langkah kedepan,” lanjutnya lagi.

Reporter: Dandi Azhary Nasution

Editor: Defri Cahyo Husain

Comment

Berita Lainnya