by

Rayakan HUT Ke-11, Kawakib Adakan Perlombaan Antar Markaz

Informatikamesir.net, Kairo – Dalam merayakan HUT ke- 11, Kawakib adakan berbagai perlombaan dengan konsep baru. Perlombaan bukan hanya diperuntukan antar anggota saja, tetapi juga antar markaz dalam segi keilmuan. Muhammad Alyaffi, ketua panitia penyelanggara HUT Kawakib ke-11 mengungkapkan perayaan HUT adalah momentum tepat untuk mempererat persaudaraan internal maupun eksternal.

“Sebenarnya ide itu terlahir dari usulan teman-teman dan senior Kawakib, serta dukungan dari banyak orang terkhusus dukungan dari guru kita Syaikh Syarofuddin Al-azhary. Kami juga ingin mengadakan perlombaan seperti Olimpiade Bahasa Arab (OBA) yang diadakan Zhafera tahun lalu. Dan juga pastinya dengan perlombaan ini, hubungan keilmuan maupun persaudaraan antar markaz semakin terjalin erat,” ungkap Alyaffi saat diwawancara oleh Informatika pada Kamis (14/10).

Ia juga menambahkan bahwa yang diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam perlombaan ini hanya markaz yang berfokus pada kitab dan Al-Qur’an. Ia mengungkap kebijakan ini diberlakukan agar para peserta dan markaz yang berpartisipasi dapat bersaing dengan sehat.

Perlombaan antar anggota maupun antar markaz dibagi menjadi dua sesi, outdoor dan indoor. Letak perbedaan hanya pada jenis perlombaan. Adapun perlombaan antar markaz dimeriahkan dengan lomba debat yang dilaksanakan pada Kamis (7/10) dan final Rabu (13/10). Lomba debat dijuarai oleh Kawakibul Fushoha dengan hadiah trofi dan uang sebesar 800 Le. Sedangkan lomba futsal diadakan pada Senin (11/10) di Nadi Gamalia, yang dimenangkan oleh Rumah Tahfidz Mesir (RTM) dengan hadiah plakat dan uang sebesar 1000 Le.

Sedangkan Hifdzil Quran (MHQ) dilaksanakan bertepatan dengan debat final di Aula Kelompok Studi Walisongo (KSW) yang dimenangkan oleh Maqura dengan hadiah plakat dan uang 400 Le. Namun, Syarofuddin Al-Azhary, pendiri Kawakib, sempat mengaku sangat menyayangkan jika hadiah futsal lebih besar dibandingkan hadiah MHQ, maka beliau menambahkan hadiah MHQ menjadi 700 Le.

Adapun lomba outdoor antar anggota Kawakib meliputi: tarik tambang, balon naga, futsal, bola tangan, estafet sarung, minum darah dan tocker yang digelar serempak pada Sabtu (2/10) di Nadi Gamalia. Sedangkan indoor meliputi Lomba Cerdas Cermat (LCC), drama, khitobah dan video ucapan pada Senin (4/10) di Aula Kemas.

“Saya berharap untuk kedepannya semakin meriah, dan berharap acara ini seperti HSN yang panitianya dari berbagai afiliatif untuk mengadakan acara-acara yang besar. Dengan tujuan membentuk masisir yang azhary, ini juga sebagai bentuk khidmah kita kepada Al-azhar,” ungkap Alyaffi.

Reporter: Ni’ma Karimatul Maswa

Editor: Indri Raisa Hanum 

Comment

Berita Lainnya