by

Jalin Silaturahmi ke KBRI Kairo, PPIDK Timtengka Angkat Topik Keberagaman dan Moderasi Beragama

Informatikamesir.net, Kairo — Koordinator terpilih Persatuan Pelajar Indonesia Kawasan Timur Tengah dan Afrika (PPIDK Timtengka), Hafizd Alharomain Lubis, beserta beberapa delegasi PPI negara yang berada di Kawasan Timur Tengah dan Afrika, mengadakan kunjungan ke Duta Besar Republik Indonesia di Kairo, Jum’at (18/07/21). Pada pertemuan yang diadakan di atas kapal itu, selain menjalin tali silaturahmi, topik yang dibawa oleh PPIDK Timtengka adalah seputar isu keberagaman dan moderasi beragama yang juga sejalan dengan tema Simposium Kawasan Timtengka yang di adakan pada juni yang lalu.

Duta Besar KBRI Kairo, Lutfi Rauf, didampingi oleh Wakil Duta Besar, Aji Surya, menyambut hangat kunjungan ini serta menanggapi topik keberagaman dan moderasi beragama yang dibawa oleh PPIDK Timtengka.

“Pesan pak Dubes kepada kita adalah mengingatkan betapa pentingnya peran kita sebagai Mahasiswa Timur Tengah dalam memanfaatkan keberagaman yang ada di Indonesia. Karena Indonesia adalah most diver country yang ada di dunia, maka sebenarnya Indonesia berpotensi lebih besar menuju perpecahan, bahkan dalam hal beragama sekalipun. Maka konsep moderasi adalah solusi paling konkrit yang bisa mencegah hal itu. Dan hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, terkhusus sebagai Mahasiswa Timur Tengah”, ungkap Hafizd saat diwawancarai kru Informatika.

Hafizd menjelaskan bahwa  kunjungan ini adalah lanjutan dari agenda Simposium Kawasan Timtengka yang diadakan secara daring pada Juni lalu. Ia juga menambahkan, delegasi PPI negara yang menghadiri kunjungan ini seharusnya adalah delegasi agenda Simposium Kawasan Timtengka yang pada awalnya akan dilaksanakan secara luring, dengan PPMI Mesir sebagai tuan rumah.

“Agenda kunjungan ini adalah pengganti dari agenda Simposium yang pada akhirnya dilaksanakan secara online karena peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah Mesir pada saat itu. Beberapa delegasi yang hadir yaitu, Presiden PPI Lebanon 19/20, Hamzah Assuudy Lubis, Ketua Umum PPI Yaman 19/20, Muhammad Syauqi Al Muhdhar serta delegasi dari PPMI Arab Saudi, Reza Rabbani dan Nezzard Ahmad Zarkasyi. Harapan kami dengan adanya kunjungan ini, apa yang menjadi isu penting terkait topik keberagaman dan moderasi beragama yang kita angkat, benar-benar dapat direalisasikan oleh PPIDK Timtengka kedepan,” pungkasnya.

Reporter:  Dandi Azhary Nasution

Editor: Muhammad Adisurya Pahlawan

Comment

Berita Lainnya