by

Unggul dalam PPI Dunia Awards 2020 Ter-IPA Kategori Inovasi dan Teknologi, PPMI Mesir 2019/20 Ungkap Rahasianya

Informatikamesir.net, Kairo – Arief Mughni selaku Presiden PPMI Mesir 2019/20 mengungkapkan bahwa indikator keberhasilan PPMI Mesir 2019/20 dalam meraih Penghargaan Awards PPI Dunia 2020 adalah program Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo (PMIK) dan Panitia Pemilu Raya (PPR).


“Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan penghargaan Ter-IPA (inovatif progresif aspiratif) kategori inovasi dan teknologi. Kami PPMI Mesir menyetorkan program PMIK (perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo) dan PPR (Panitia Pemilu Raya) di dalam kategori tersebut,” ujarnya pada kru Informatika Senin (30/8).


Tidak hanya itu, secara akumulasi, dari seluruh kategori Penghargaan PPI Dunia Awards yang ada, PPMI Mesir berhasil menjadi PPI Dunia Ter-Inspiratif.


“Alhamdulillah kita juga berhasil menjadi PPI Dunia Ter-Inspiratif tahun ini,” ungkap laki-laki asal Aceh ini.


Program PMIK yakni digitalisasi perpustakaan dengan membangun laman dan aplikasi PMIK (webview) menjadi salah satu indikator PPMI Mesir meraih penghargaan Awards PPI Dunia 2020.


Website ini sebenarnya sudah mulai diadakan pada periode 2018/19 dan alhamdulillah pada periode kami 2019/20 dapat kami kembangkan dengan bantuan pihak Egypt Students Information (ESI) dengan menambahkan aplikasi webview PMIK,” ujar Fahmi Mubarok selaku ketua PMIK 2019/2020.


Secara garis besar, aplikasi perpustakaan ini dapat mengakses katalog buku yang ada di PMIK (Indonesia dan Arab), katalog tesis mahasiswa Indonesia yang kuliah di Mesir, status buku tersebut, buku-buku rekomendasi, serta terdapat kolom forum diskusi umum.


“Lebih dari itu kawan-kawan juga dapat membuat akun pribadi untuk menjadi anggota PMIK dan akan mendapatkan tabel riwayat peminjaman buku setelah melakukan verifikasi akun di meja resepsionis,” tambah Fahmi.


Satu indikator kemenangan PPMI Mesir lainnya yaitu sistem pemilu raya berbasis daring. Muaz Nasid Ridho mengungkapkan pemilu berbasis online adalah solusi terbaik di masa pandemi. Ia juga menyebutkan bahwa sistem yang digunakan atas bantuan programmer yang berada di Indonesia.


“Dengan bantuan programmer yang ada di Indonesia, formula yang kami rancang berhasil menjadi sistem Pemilu Raya berbasis online seperti yang kami inginkan,” ujarnya.


Kegiatan PPI Dunia Awards 2020 berlangsung selama 20 hari, terhitung dari tanggal (9/8)-(29/8).


Reporter: Indri Raisa Hanum
Editor: Muhammad Adisurya Pahlawan

Comment

Berita Lainnya